Jumat, 10 Februari 2017

TEKNIK MENGUMPULKAN MASSA UNTUK KAMPANYE KESELAMATAN PEJALAN KAKI

Dalam kegiatan kampanye keselamatan jalan, massa merupakan sasaran dari kegiatan. Mereka adalah orang-orang yang hendak diubah perilaku dan pola pikirnya agar menjadi pengguna jalan yang sadar akan keselamatan di jalan. Namun, permasalahan yang ada di masyarakat adalah bahwa mereka cenderung tidak tertarik apabila diajak untuk mengikuti kegiatan kampanye, sosialisasi, atau penyuluhan, khususnya tentang keselamatan jalan. Oleh karena itu, Sangat penting bagi seorang perencana kampanye keselamatan jalan untuk mengetahui bagaimana teknik untuk mengumpulkan massa.

Berikut akan diulas secara singkat tentang beberapa strategi yang dapat digunakan dalam menarik massa.
a.  Strategi Mengumpulkan Massa
Mengumpulkan massa merupakan salah satu cara untuk menyampaikan pesan dengan cepat. Dalam kaitannya dengan mengumpulkan massa, ada 3 (tiga) strategi yang sering dilakukan untuk mengumpulkan dan mendapatkan simpati massa, yaitu :
1)  Strategi Edu-Politik
Strategi ini merupakan cara untuk mengumpulkan massa melalui program-program atau kegiatan pendidikan. Di dalam program-program tersebutlah pesan disampaikan secara halus dan cenderung disampaikan secara tersirat.
2)  Strategi Merayu
Stretegi ini bersifat sangat persuasif terhadap massa yang akan dikumpulkan. Sebelumnya, karakteristik massa dipelajari untuk mengetahui apa yang massa pada saat itu butuhkan, biasanya terkait dengan kebutuhan ekonomi namun tidak menutup kemungkinan untuk kebutuhan yang lain. Selanjutnya, pesan-pesan ajakan disampaikan dengan menawarkan sesuatu yang bermanfaat sehingga massa tergerak untuk mengikuti pesan-pesan ajakan yang disampaikan.
3)  Strategi Lumpur Kotor
Seperti namanya, strategi ini merupakan cara yang “kotor” untuk mengumpulkan dan mendapatkan simpati massa. Strateginya yaitu dengan menyebar isu-isu negatif terhadap satu atau lebih persoalan terkait dengan tujuan penyampaian pesan kepada massa, sehingga massa tergerak untuk meninggalkan hal-hal yang dianggap negatif dan tergerak untuk mengikuti tujuan dari pesan yang disampaikan.

b.  Contoh Kegiatan
Contoh-contoh kegiatan berikut ini merupakan bentuk konkret dari teknik mengumpulkan massa, sedangkan 3 strategi yang telah disebutkan sebelumnya merupakan cara untuk mendapatkan simpati massa yang dapat dilakukan dalam kegiatan apapun. Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatannya:
1)     Seminar
2)     Perlombaan Karya Tulis
3)     Perlombaan Olah Raga dan Seni
4)     Kegiatan Keagamaan
5)     Kegiatan Sosial
6)     Perayaan Hari Jadi
7)     Bazar
8)     Open House
9)     Seni dan Hiburan
10) Blusukan

Berkaitan dengan beberapa strategi yang telah dijelaskan tersebut, kaitannya dengan perencanaan kampanye keselamatan pejalan kaki, strategi merayu dapat dipilih sebagai cara untuk mendapatkan simpati massa. Salah satu kegiatan yang relevan dengan pejalan kaki adalah lomba jalan sehat. Di dalam perlombaan jalan sehat, terdapat doorprize yang akan diberikan kepada peserta. Hal tersebut dapat menjadi media perayu agar masyarakat tertarik untuk mengikuti kegiatan jalan sehat yang pada hakikatnya adalah kampanye keselamatan pejalan kaki.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam memperoleh massa untuk menjadi peserta kampanye keselamatan jalan adalah kelompok menentukan massa yang akan menjadi sasaran kegiatan kampanye keselamatan jalan. Penentuan kelompok massa tersebut nantinya akan menjadi dasar pengambilan keputusan untuk menghadirkan jenis doorprize apa saja yang akan diberikan kepada peserta.


Hadirnya doorprize merupakan magnet bagi para peserta. Namun, yang menjadi kendala untuk menyediakan doorprize adalah biaya, sebab tidak mungkin semua peserta akan mendapatkan doorprize. Oleh karena itu, hal tersebut perlu disiasati untuk menekan biaya yang dikeluarkan, tetapi kegiatan harus tetap menarik. Undian merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan atau melalui media permainan (Games). Dengan jumlah doorprize yang terbatas namun memiliki nilai jual yang tinggi akan mempengaruhi seberapa banyak massa yang akan dikumpulkan. Dengan kata lain, masyarakat diiming-imingi mendapatkan doorprize agar mau mengikuti kegiatan kampanye keselamatan pejalan kaki. Inilah strategi merayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar