Jumat, 10 Februari 2017

MODEL KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN KAMPANYE KESELAMATAN JALAN

Dalam merencanakan kegiatan kampanye atau penyuluhan, khususnya keselamatan transportasi jalan, perlu ditentukan bagaimana model komunikasi yang akan digunakan pada saat kegiatan berlangsung. Pada kiriman kali ini, akan dibahas tentang model komunikasi tersebut. Pembahasan meliputi 3 (tiga) bagian, yaitu Teknik Komunikasi, Metode Pendekatan, dan Teknik Penyampaian Materi.

Teknik Komunikasi

Teknik komunikasi terkait dengan metode atau cara berkomunikasi dengan massa peserta kegiatan kampanye atau penyuluhan. Adapun metode yang dimaksud ada dua metode. Yaitu metode komunikasi langsung dan tidak langsung.
Metode Langsung, merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan melakukan tatap muka secara langsung (face-to-face) dengan massa yang menjadi sasaran kampanye atau penyuluhan. Bentuknya dapat berupa kegiatan demonstrasi atau simulasi, kursus, diskusi dan lainnya.
Metode Tidak Langsung, merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan melalui perantara atau media komunikasi. Bentuk media komunikasi yang dimaksud antara lain berupa pemasangan poster, penyebaran brosur/leaflet/majalah, siaran radio, siaran televisi, pemutaran film, dan lainnya.

Metode Pendekatan

Setelah menentukan teknik komunikasi, langkah selanjutnya adalah menentukan metode atau cara dalam melakukan pendekatan kepada massa kampanye/penyuluhan. Berikut adalah beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan pendekatan kepada massa yang menjadi sasaran kampanye/penyuluhan.
Pendekatan Perorangan, merupakan pendekatan yang dilakukan secara langsung antara penyuluh dengan perorangan (individu).
Pendekatan Kelompok, merupakan pendekatan yang dilakukan secara langsung antara penyuluh dengan massa yang menjadi sasaran kampanye/penyuluhan yang membentuk dalam kelompok. Bentuk kegiatannya antara lain berupa diskusi, kursus, ceramah, dan lainnya.
Pendekatan Massal, merupakan metode pendekatan yang dilakukan antara lain dengan cara melakukan siaran radio, siaran televisi, pemasangan poster/spanduk. Metode ini lebih cenderung untuk melakukan kampanye lalu lintas.

Teknik Penyampaian Materi

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam merencanakan kegiatan kampanye/penyuluhan adalah teknik dalam menyampaikan materi kepada massa yang menjadi sasaran. Berikut ini adalah beberapa teknik/metode yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi dalam kegiatan kampanye/penyuluhan.

No
Metode
Kelebihan
Kekurangan
1
Ceramah
Penyampaian materi tanpa banyak partisipasi dalam bentuk pertanyaan atau diskusi

Kelas mudah dikuasai; mudah dilaksanakan; dapat diikuti peserta dalam jumlah besar

Bersifat verbal; peserta cenderung bosan; sangat tergantung pada kemampuan penceramah
2
Demonstrasi
Memperlihatkan secara nyata tentang cara dan/atau hasil terkait sesuatu hal

Pemahaman peserta mengenai materi lebih dalam

Memakan waktu lama; sumber daya yang dibutuhkan relatif besar
3
Kursus/Pelatihan
Proses belajar mengajar yang diselenggarakan secara sistematis dan dalam jangka waktu tertentu

Efektif untuk mengajarkan pengetahuan dan keterampilan secara mendalam dan sistematis; alumni dapat dipakai sebagai kader bagi kelompoknya

Relatif mahal serta memerlukan persiapan dan pelaksanaan yang cermat; kurangnya sarana dan alat bantu pengajaran sering mengganggu tercapainya tujuan; menjangkau relatif sedikit peserta
4
Pameran
Usaha memperlihatkan atau mempertunjukkan model, contoh, barang, peta, grafik, gambar, poster, benda hidup dan sebagainya secara sistematis pada suatu tempat tertentu

Jangkauan sasaran lebih luas; mempunyai efek publisitas

Memerlukan banyak persiapan dan biaya; harus berganti tema; tema tertentu; memerlukan penjaga yang benar-benar menguasai masalah
5
Pemberian Penghargaan
Kegiatan sebagai tanda ucapan terima kasih/penghargaan kepada individu/instansi atas jasa-jasa/prestasinya khususnya dalam kurun waktu tertentu.

Merangsang peserta untuk meningkatkan prestasi; mengefektifkan kegiatan; memberikan pengaruh yang luas dan melibatkan lembaga/badan lain

Membutuhkan biaya tambahan pelaksanaan; hanya melibatkan beberapa orang peserta
6
Pemutaran Film
Metode penyuluhan dengan menggunakan alat film yang bersifat visual dan massal, serta menggambarkan proses sesuatu kegiatan.

Lebih menarik; sekaligus sebagai hiburan; jangkauannya lebih luas

Tidak terdapat komunikasi dua arah; biaya tinggi
7
Penempelan Poster
Metode penyuluhan yang menggunakan gambar dan sedikit kata-kata yang dicetak pada sehelai kertas/bahan lain yang berukuran tidak kurang dari 45 cm x 60 cm, dan ditempelkan pada tempat-tempat yang sering dilalui orang atau yang sering digunakan sebagai tempat orang berkumpul

Jangkauan sasaran lebih luas

Pesan kurang lengkap; bila dibuat dari kertas akan mudah rusak, sedangkan bila dibuat dari bahan tahan lama biayanya mahal
8
Penyebaran brosur, leaflet, & majalah
Menggunakan brosur, folder, leaflet dan majalah yang dibagikan kepada masyarakat pada saat tertentu.


Materi lebih lengkap dan jelas serta lebih khusus pada materi tertentu; dapat melengkapi metode penyuluhan yang lain; dapat memberikan kesempatan pihak lain untuk berpartisipasi (khusus untuk majalah).


Bahasa harus menyesuaikan dengan bahasa komunikasi kelompok sasaran; kontinuitasnya tidak dapat terjamin terutama faktor judul, materi, biaya dan keterpaduan dengan metode lainnya

 Metode-metode yang telah disebutkan di atas dapat digunakan dengan menyesuaikan tujuan kegiatan kampanye/penyuluhan yang akan dilakukan. Pemilihan teknik komunikasi (langsung/tidak langsung) akan mempengaruhi metode-metode berikutnya terkait dengan metode pendekatan dan teknik penyampaian materi.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar