Dalam merencanakan kegiatan kampanye
atau penyuluhan, khususnya keselamatan transportasi jalan, perlu ditentukan
bagaimana model komunikasi yang akan digunakan pada saat kegiatan berlangsung.
Pada kiriman kali ini, akan dibahas tentang model komunikasi tersebut.
Pembahasan meliputi 3 (tiga) bagian, yaitu Teknik Komunikasi, Metode
Pendekatan, dan Teknik Penyampaian Materi.
Teknik Komunikasi
Teknik komunikasi terkait dengan
metode atau cara berkomunikasi dengan massa peserta kegiatan kampanye atau
penyuluhan. Adapun metode yang dimaksud ada dua metode. Yaitu metode komunikasi
langsung dan tidak langsung.
Metode Langsung, merupakan
kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan melakukan tatap muka secara
langsung (face-to-face) dengan massa yang menjadi sasaran kampanye atau
penyuluhan. Bentuknya dapat berupa kegiatan demonstrasi atau simulasi, kursus,
diskusi dan lainnya.
Metode Tidak Langsung, merupakan
kegiatan komunikasi yang dilakukan melalui perantara atau media komunikasi. Bentuk
media komunikasi yang dimaksud antara lain berupa pemasangan poster, penyebaran
brosur/leaflet/majalah, siaran radio, siaran televisi, pemutaran film, dan
lainnya.
Metode Pendekatan
Setelah menentukan teknik komunikasi, langkah
selanjutnya adalah menentukan metode atau cara dalam melakukan pendekatan
kepada massa kampanye/penyuluhan. Berikut adalah beberapa metode yang dapat
digunakan untuk melakukan pendekatan kepada massa yang menjadi sasaran
kampanye/penyuluhan.
Pendekatan Perorangan,
merupakan pendekatan yang dilakukan secara langsung antara penyuluh dengan
perorangan (individu).
Pendekatan Kelompok,
merupakan pendekatan yang dilakukan secara langsung antara penyuluh dengan massa
yang menjadi sasaran kampanye/penyuluhan yang membentuk dalam kelompok. Bentuk
kegiatannya antara lain berupa diskusi, kursus, ceramah, dan lainnya.
Pendekatan Massal,
merupakan metode pendekatan yang dilakukan antara lain dengan cara melakukan siaran
radio, siaran televisi, pemasangan poster/spanduk. Metode ini lebih cenderung
untuk melakukan kampanye lalu lintas.
Teknik Penyampaian Materi
Hal yang perlu diperhatikan
selanjutnya dalam merencanakan kegiatan kampanye/penyuluhan adalah teknik dalam
menyampaikan materi kepada massa yang menjadi sasaran. Berikut ini adalah
beberapa teknik/metode yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi dalam
kegiatan kampanye/penyuluhan.
No
|
Metode
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1
|
Ceramah
Penyampaian materi tanpa banyak partisipasi
dalam bentuk pertanyaan atau diskusi
|
Kelas mudah dikuasai; mudah dilaksanakan; dapat
diikuti peserta dalam jumlah besar
|
Bersifat verbal; peserta cenderung bosan;
sangat tergantung pada kemampuan penceramah
|
2
|
Demonstrasi
Memperlihatkan secara nyata tentang cara
dan/atau hasil terkait sesuatu hal
|
Pemahaman peserta mengenai materi lebih dalam
|
Memakan waktu lama; sumber daya yang dibutuhkan
relatif besar
|
3
|
Kursus/Pelatihan
Proses belajar mengajar yang diselenggarakan
secara sistematis dan dalam jangka waktu tertentu
|
Efektif untuk mengajarkan pengetahuan dan
keterampilan secara mendalam dan sistematis; alumni dapat dipakai sebagai
kader bagi kelompoknya
|
Relatif mahal serta memerlukan persiapan dan
pelaksanaan yang cermat; kurangnya sarana dan alat bantu pengajaran sering
mengganggu tercapainya tujuan; menjangkau relatif sedikit peserta
|
4
|
Pameran
Usaha memperlihatkan atau mempertunjukkan
model, contoh, barang, peta, grafik, gambar, poster, benda hidup dan sebagainya
secara sistematis pada suatu tempat tertentu
|
Jangkauan sasaran lebih luas; mempunyai efek
publisitas
|
Memerlukan banyak persiapan dan biaya; harus
berganti tema; tema tertentu; memerlukan penjaga yang benar-benar menguasai
masalah
|
5
|
Pemberian Penghargaan
Kegiatan sebagai tanda ucapan terima
kasih/penghargaan kepada individu/instansi atas jasa-jasa/prestasinya
khususnya dalam kurun waktu tertentu.
|
Merangsang peserta untuk meningkatkan prestasi;
mengefektifkan kegiatan; memberikan pengaruh yang luas dan melibatkan
lembaga/badan lain
|
Membutuhkan biaya tambahan pelaksanaan; hanya
melibatkan beberapa orang peserta
|
6
|
Pemutaran Film
Metode penyuluhan dengan menggunakan alat film
yang bersifat visual dan massal, serta menggambarkan proses sesuatu kegiatan.
|
Lebih menarik; sekaligus sebagai hiburan;
jangkauannya lebih luas
|
Tidak terdapat komunikasi dua arah; biaya
tinggi
|
7
|
Penempelan Poster
Metode penyuluhan yang menggunakan gambar dan
sedikit kata-kata yang dicetak pada sehelai kertas/bahan lain yang berukuran
tidak kurang dari 45 cm x 60 cm, dan ditempelkan pada tempat-tempat yang
sering dilalui orang atau yang sering digunakan sebagai tempat orang
berkumpul
|
Jangkauan sasaran lebih luas
|
Pesan kurang lengkap; bila dibuat dari kertas
akan mudah rusak, sedangkan bila dibuat dari bahan tahan lama biayanya mahal
|
8
|
Penyebaran brosur,
leaflet, & majalah
Menggunakan brosur, folder, leaflet dan majalah
yang dibagikan kepada masyarakat pada saat tertentu.
|
Materi lebih lengkap dan jelas serta lebih
khusus pada materi tertentu; dapat melengkapi metode penyuluhan yang lain;
dapat memberikan kesempatan pihak lain untuk berpartisipasi (khusus untuk
majalah).
|
Bahasa harus menyesuaikan dengan bahasa
komunikasi kelompok sasaran; kontinuitasnya tidak dapat terjamin terutama
faktor judul, materi, biaya dan keterpaduan dengan metode lainnya
|
Metode-metode yang telah disebutkan di atas dapat digunakan dengan menyesuaikan tujuan kegiatan kampanye/penyuluhan yang akan dilakukan. Pemilihan teknik komunikasi (langsung/tidak langsung) akan mempengaruhi metode-metode berikutnya terkait dengan metode pendekatan dan teknik penyampaian materi.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar